Senin, 14 April 2008

Electronik Business

Elekctronic Business di dunia virtual sangat banyak ragam dan jenisnya, seluas mata memandang langit dan gunung-gunung, namun tidak selamanya gunung-gunung tersebut indah dipandang, apabila kita melihatnya lebih dekat.


Analogi ini sesuai dengan beberapa oknum perusahaan .com yang tidak seindah promosinya, kenyataannya sering tidak sesuai dengan janjinya, misalnya kita memesan sebuat produk melalui internet, tetapi produk tersebut seringkali tidak ada, bahkan tidak ada informasi kapan produk tersebut tersedia.

Berikut beberapa perusahaan di internet, berdasarkan jenis produk yang dijualnya dan kategori atau segmen pengunjungnya (audience):
1. detik.com:
Menjual produk jasa informasi berita terkini, segmen pengunjungnya diperkirakan mulai dari umur 15 s/d 50 tahun dengan alasan, sbb:
a. Segmen remaja 15 s/d 25 tahun dapat menikmati informasi olahraga, hiburan dan entertainment lainnya.
b. Segmen dewasa 26 s/d 50 tahun dapat menikmati informasi pendidikan, sosial, politik, bisnis dan info penting lainnya.

2. tokobagus.com :
Toko online menyediakan produk barang dan jasa, segmen pengunjungnya diperkirakan semua umur yang tertarik untuk mencari informasi berbagai jenis barang dan jasa.

3. www.google.com :
Situs mesin pencari, google memang merupakan tool yang sangat menarik dan dapat dieksploitasi untuk berbagai kepentingan. Salah satu kepentingan yang sangat dominan adalah marketing dan publik relation. Diperkirakan semua segmen mulai dari pemula tahu situs ini.

4. pulsaelektronik.com :
Situs ini menjual jasa pengisian pulsa dan memberikan peluang bisnis bagi pengunjung yang tertarik untuk menjadi agen penjualan pulsa elektronik. segmen pengunjungnya diperkirakan mulai dari tingkat SLTP s.d perguruan tinggi, karyawan dan para pemula bisnis lainnya.

5. mobilbekas.com:
Situs penyedia informasi mobil bekas, di situs ini para penjual dan pembeli dapat info dan langsung saling berhubungan melalui telepon apabila pihak pembeli tertarik pada mobil bekas yang diiklankan. Secara ilmu Elektronik Business termasuk dalam kategori bisnis CtoC.

6. ebay.com :
Penjual dan pembeli produk di seluruh dunia dapat bertransaksi di situs ini, dengan metode lelang, dimana pembeli yang menawar harga produk tertinggi dapat memilki produk tersebut, pemilik situs menyediakan fasilitas untuk terjadinya transaksi dan menerima komisi dari transaksi tersebut.segmentasi pengunjung ebay terdiri dari pebisnis. Situs ini termasuk kategori bisnis BtoB, CtoC dan BtoC.

7. lionair.com :
Jasa penerbangan lionair menyediakan penjualan/pembayaran tiket melalui internet, ATM dan travel. semua transaksi dilakukan secara elektronik, dimana semua agen travel harus menggunakan internet dalam melayani penumpang untuk memastikan apakah kursi di pesawat tersebut masih tersedia atau sudah penuh?

8. stttelkom.ac.id :
Situs ini menyediakan penjualan formulir penerimaaan mahasiswa baru bersama untuk institusi STT Telkom, STMB Telkom dan Politeknik Telkom, calon mahasiswa yang akan membeli formulir tinggal mengunjungi website: http://www.stttelkom.ac.id/smbb. Calon mahasiswa di seluruh Indonesia tingggal mengisi format tidak perlu datang ke Bandung untuk hanya tes. Transaksi ini termasuk kategori bisnis elektronik BtoC dan calon mahasiswa yang membeli formulir melalui situs ini dinamakan penjualan formulir secara on line. Segmentasi yang berkunjung ke situs ini kebanyak tingkat SLTA dan orangtua.

9. bhinneka.com
Toko online yang menjual barang-barang elektronik, situs ini termasuk kategori bisnis elektronik BtoB, BtoC. Segmentasi audiensnya karyawan dan perorangan.

10. modernphoto.co.id :
Menjual barang dan jasa, melayani layanan fotografi digital dan layanan fotografi analog, situs ini menjual informasi teknologi digital dengan motto " bicara digital teknologi kami terdepan". Segmentasi yang berkunjung di situs ini semua umur. Dan bisnis ini termasuk kategori BtoB, BtoC.


Tidak ada komentar: