Rabu, 02 April 2008

E-Commerce: Business, Technology Sociaty

Apakah E-Commerce itu?

Pernah dengar bisnis online?, pernah dengar percakapan , "beli pulsa simpati yang 20": kata pembeli. Pake kartu atau yg elektronik?: kata si penjual pulsa. ok lah yang elektronik aja lebih murah, ya khan..?. Contoh sederhana tadi yaitu transaksi sehari-hari yang sering dilakukan saat ini, itulah pada dasarnya e-commaerce yaitu melakukan bisnis online. Bisnis online terus berkembang, mengikuti perkembangan bidang " Information and Communications Technologies (ICT)".
Sebagai gambaran contoh bisnis online dalam transaksi penjualan pulsa, saat ini orang yang mau mengisi pulsa, bisa datang ke ATM, langsung pilih mau mengisi pulsa apa saja, kemudian pembayaran langsung melalui tabungan/rekening pembeli, praktis bukan?.

Secara sederhana , e-commerce adalah membuat, mengelola, dan meluaskan hubungan komersil secara online. dalam bentuknya yang paling jelas, e-commerce menjual produk kepada konsumen secara online.

Usaha e-commerce yang sukses mungkin melibatkan pembayaran, pengembangan dan perencanaan produk, mengelola produksi atau manufaktur, pemasaran dan perwakilannya, penjualan, layanan, kolaborasi diantara sesama bisnis atau afiliasi, distribusi produk, riset, penyebaran informasi, penyusunan komunitas komersil, pendidikan, hiburan, dan mungkin juga semua jenis bisnis lain yang belum terpikirkan.

Berikut ini sejumlah contoh e-commerce yang ada dalam tindakan:
  • Konsumen mempelajari produk online sebelum membelinya di lokasi dunia nyata.
  • Konsumen memesan produk online dan menerimanya via pengiriman tradisional maupun internet.
  • Mahasiswa berpartisipasi dalam program pendidikan online untuk menerima pelatihan bergelar atau profesional
  • Penduduk memperbaharui SIM-nya, mendaftarkan mobil, memfilekan surat pajak, melaksanakan izin bangunan, atau melakukan bisnis lain dengan agen pemerintah secara online.
  • Bisnis menjual produk dan layanan kepada konsumen atau ke bisnis lain.
  • Proyek pelacakan bisnis online atau mentransfer file elektronik (gambar, catatan database, atau file teks) melalui internet.
  • Bisnis menyediakan dukungan teknis atau dukungan pelanggan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.
  • Hiburan dan usaha lain mempromosikan event mereka secara online, atau bahkan membuat peristiwa online.
  • Pemerintah dan agen mereka menerima dan memproses permohonan proposal dan dokumen lain melalui internet.
  • Lembaga pendidikan mengintegrasikan komponen dan teknik rises online di ruang kelas harian.
Bisnis yang sukses di dunia virtual membutuhkan upaya yang sama besarnya dengan sukses bisnis di dunia nyata. Beberapa orang mengira e-commerce mahal karena bersifat teknis. Situs e-commerce yang hebat tidak selalu membutuhkan pemograman yang mahal, tapi juga tidak bisa dilakukan oleh lulusan kursus yang sekedarnya dan asal murah. Lalu, apa yamg diperlukan? Perencanaan, pelaksanaan, promosi, dan pemeliharaan yang cerdik. Lanjutkan membaca buku Small Business Solutions E-Commerce karangan Brenda Kienan.

Penulis: Jajat Sudrajat, mahasiswa Program MM Widyatama



Tidak ada komentar: